PEMBERIAN NAMA ANAK MENURUT ISLAM

Dalam bahasa Arab, nama disebut dengan isim. Setiap manusia yang lahir ke dunia pastilah mempunyai nama sebagai sebuah panggilan dan identitas diri. Dan untuk membedakan manusia satu dengan yang lainnya maka pemberian nama diwajibkan menurut kesepakatan (ijma’) para ulama.

Dalam (QS. Maryam ayat 7, Allah Subhanahu wa Ta'ala. berfirman :

Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki-laki namanya Yahya, yang Kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya.

Dalam ayat tersebut dapat kita ketahui, bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala sendiri telah memberikan Nabi Zakaria seorang anak laki-laki dengan nama, yaitu Yahya. Dan itu berarti nama dalam Islam sangatlah penting. Dan sudah menjadi kewajiban para orangtua untuk memberikan nama kepada anak-anaknya, seperti yang dikatakan dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. bersabda :

Sesungguhnya diantara kewajiban orangtua terhadap anaknya adalah mengajarinya menulis, memberikan nama yang baik, dan menikahkannya bila telah dewasa. (HR. Ibnu Najar)

PILIH NAMA YANG BAIK DALAM ARTI MAUPUN PANGGILAN

Islam menganjurkan agar para orangtua agar memberikan nama kepada anaknya dengan benar dan baik, karena menurut Islam nama adalah sebuah do’a. Maka dari itu pemberian nama dalam Islam pun tidak boleh sembarangan. Islam memberikan aturan atau tata cara dalam memberi nama anak, agar para orangtua tidak salah dalam memberikan nama anak-anaknya, karena nama sedikit banyak akan mempengaruhi kehidupan anak. Dan dianjurkan agar para orangtua memberikan anaknya nama dengan arti yang bagus, dan juga indah untuk dipanggil.

Pemberian nama yang baik dapat diambil dari nama Nabi-nabi dan Rasul, nama istri-istri Nabi dan Rasulullah SAW. yang sholehah ataupun nama anak-anak Nabi dan Rasul yang sholeh dan sholehah. Karena nama-nama tersebut memiliki makna yang baik nan indah, dan diharapkan agar sang anak memiliki sifat dan perilaku yang baik seperti mereka.

Nama anak yang baik juga dapat diambil dari sifat-sifat Allah dan Asmaul Husna, agar kita selalu teringat dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. sebagaimana manfaat asmaul husna. Nama-nama asmaul husna tentu memiliki arti yang baik. Allah Subhanahu wa Ta'ala. berfirrman dalam (QS. Al-A’raf ayat 180) :

Dan Allah memiliki Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Dalam ayat tersebut dikatakan, bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala. memilik Asmaul Husna yang merupakan nama-nama yang terbaik. Jadi, tidak perlu diragukan lagi tentang kebaikan memberi nama anak dengan nama-nama Allah Subhanahu wa Ta'ala (Asmaul Husna).

Sebagai muslim, para orangtua dilarang memberikan nama anak-anaknya dengan nama-nama yang diharamkan menurut Islam. Misalnya memberi nama anak dengan nama ‘Firaun, Al-Lat, Uzza, dan nama yang buruk lainnya. Karena seperti yang kita ketahui sebagai seorang muslim, bahwa nama-nama tersebut adalah nama dari orang yang memiliki akhlak buruk.

Nama lainnya yang diharamkan dalam Islam adalah setiap nama yang memuji (tazkiyyah) terhadap diri sendiri atau berisi kedustaan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. bersabda :

Sesungguhnya nama yang paling dibenci oleh Allah adalah seseorang yang bernama Malakul Amlak (rajanya raja). (HR. Bukhari dan Muslim)

Islam melarang umatnya untuk memberikan nama-nama yang jelek dan buruk kepada anaknya dikarenakan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam. telah merubah nama-nama yang buruk menjadi nama-nama yang baik, seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadits berikut :

Dari Aisyah Radhiyallahu 'anhu :

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. merubah nama-nama yang jelek menjadi nama-nama yang baik.(HR. At-Tirmidzi)

Wallahu A'lam Bishawab

PELAYANAN DI BABA FARM AQIQAH

Keuntungan yang anda dapatkan dari layanan Baba Farm Aqiqah, antara lain :
  • Kami memiliki kandang sendiri dengan stok hewan selalu tersedia. Perawatan dan pakan hewan selalu kami jaga agar kesehatan hewan selalu terjaga, sehingga persyaratan untuk hewan Aqiqah sudah tidak dapat diragukan lagi.
  • Anda dapat memilih domba sendiri dan juga melihat proses penyembelihannya. Jika Anda tidak dapat melihat langsung, kami akan kirimkan dokumentasinya berupa foto atau video.
  • Hasil masakan selalu kami jaga agar rasa dan higienis masakan lebih terjaga kualitasnya, sehingga anda tidak perlu khawatir akan kelezatan masakan dari kami untuk dihidangkan kepada para tamu atau dibagikan kepada tetangga, saudara, teman sekantor dan pondok–pondok pesantren. Hasil olahan masakan kami berupa Sate Maranggi, Gulai, Domba Guling, Tongseng, Semur dan juga Sop.
  • Dalam hal pembayaran, kami berikan kemudahan kepada Anda untuk pembayarannya dengan membayar uang muka terlebih dahulu dan pelunasannya setelah paket Aqiqah anda terima.

  • Syar’i, karena kami lebih mengutamakan terpenuhinya syarat ibadah aqiqah, yaitu dengan menyembelih seekor Domba yang Syar’i bukan membeli daging Domba/Kambing.
  • Kami berikan bonus berupa Sertifikat Aqiqah beserta bingkainya dan banyak lagi bonus yang lainnya.
  • Mengenai pengirimannya Anda tidak perlu khawatir, kami akan berikan gratis ongkos kirim jika Anda berdomisili atau lokasi pengiriman produk aqiqahnya berada di area Jakarta.

Semoga dengan melaksanakan ibadah Aqiqah di Baba Farm Aqiqah yang merupakan salah satu Syiar Islam, bentuk Taqorrub kepada Allah dan bisa mentauhidkan Allah. Mentauhidkan Allah dalam melaksanakan ibadah Aqiqah yang Syar’i dengan hanya mengharap ridlo Nya, karena aqiqah merupakan sembelihan yang hanya diperuntukan kepada Allah Ta’ala. Dengan melaksanakan ibadah aqiqah di Baba Farm Aqiqah diharapkan sang buah hati bisa tumbuh cerdas dan bisa menjadi anak yang sholeh/sholehah, Amin Ya Robbal Alamin.

Share :